Hanuang




Hanuang.com – Guru Besar Hukum Internasional di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana menyambangi Kabupaten Bumi Khahom Mufakat, Senin, (03/10/22).

Kedatangan guru besar Hukum Internasional yang sekaligus menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Achamd Yani tersebut ke Lampung Selatan dalam rangka memberikan kuliah umum kepada mahasiswa jurusan hukum.

Kali ini Prof. Hikmahanto memilih STIH Muhammadiyah Kalianda dalam memberikan materi kuliah umum dengan tema ‘Perkembangan Ilmu Hukum dan Profesi Hukum di Indonesia’.

Dihadapan para mahasiswa, Prof Hikmahanto menyampaikan pentingnya untuk belajar hukum dan memahami perkembangan hukum termasuk pembentukan peraturan perundang-undangan.

“Belajar hukum memiliki banyak peluang kerja, paling tidak ada dua kategori besar yakni diantaranya profesi jalur hukum yang memerlukan pendidikan lanjutan seperti hakim, jaksa, advokat, notaris, dan dosen” bebernya.

“Selain itu kita juga bisa menjadi jalur non hukum yang memerlukan pengetahuan hukum seperti diplomat, pegawai di instansi pemerintah, BUMN, perusahaan, lembaga riset, wartawan, organisasi internasional, dan lembaga swadaya masyarakat ” jelasnya.

Ketua STIH Muhammadiyah Kalianda, Muhtadli menyambut baik kedatangan Prof. Hikmahanto di tempatnya.

Menurutnya, ia sengaja menghadirkan prof. Hukum internasional tersebut dalam kuliah umum sebagai bentuk motivasi mahasiswa dan alumni.

“Serta bergerak bersama memajukan kampus STIH Muhammadiyah Kalianda.
STIH Muhammadiyah Kalianda tentu menyambut baik dan berharap para mahasiswa STIH Muhammadiyah semakin semangat untuk mengejar prestasi akademik khususnya ilmu hukum dan profesi hukum, sebagaimana tema Kuliah Umum Perkembangan Ilmu Hukum dan Profesi Hukum di Indonesia” bebernya.

Dalam kuliah umumnya, Prof. Hikmahanto menjelaskan bahwa ilmu hukum selalu berkembang secara dinamis.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, dalam kuliah umum tersebut, Prof. Hikmahanto juga memberikan kiat-kiat mahasiswa agar memiliki daya saing ditengah banyaknya lulusan hingga kunci keberhasilan dalam menjalani profesi hukum. (Arya)


Dipublish pada :   2024-02-29